Mengenai Kami

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Persatuan Islam. Hima Persis memiliki motto pergerakan "Wamaa Yadzdzakkaru Illa Ulul Albab" yang bermakna bahwa setiap esensi dan makna kehidupan ini hanya berlaku untuk orang yang berfikir dan bermuhasabah. Lanjutkan...

Google+ Followers

Langganan via Email

Silatda Santri Persis Cianjur

Oleh: M. Rasyid Ridlo *)

Berjihad itu merupakan ruh tersebarnya ajaran islam dimuka bumi ini. Maka dengan itu, tangan kami seakan-akan kram apabila didiamkan dari berjihad. Kaki kami seakan lumpuh bila digerakkan hanya berjalan tanpa makna berjuang. Mulut kami seakan bisu nisbi bila tidak mengeluarkan kata-kata motivasi bagi perjuangan Islam. Otak dan Hati kami seakan-akan keruh dan busuk bila tidak dimanfaatkan untuk kebangkitan Islam di dunia ini. Oleh karena itu, kami akan slalu memperjuangkan apa yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh seluruh anggota tubuh yang sudah diamanahkan kepada manusia.

Santri sebagai salah satu segmen masyarakat Indonesia tentu memiliki potensi yang sangat besar dalam partisipasi aktif mensukseskan pembangunan nasional, baik dibidang moral, maupun intelektual.

Partisipasi santri dalam meningkatkan moral, dilakukan melalui spesialisasi disiplin ilmu keagamaan, disisi lain tuntutan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kebutuhan umum dan mendesak saat ini, sehingga santri pun mampu berperan aktif didalamnya. Demikian pula halnya dengan santri Pesantren Persatuan Islam yang merupakan bagian dari masyarakat santri di Indonesia agar dapat eksis dan survive dalam perubahan sosial dan kultural yang begitu cepat ini, apalagi meninjau keterlibatan santri Pesantren Persatuan Islam dalam merespon perubahan sosial masyarakat bahkan dengan alam.

Dengan menyasar santri sebagai generasi penerus perjuangan para founding father, Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswi Persatuan Islam (HIMI PERSIS) di kabupaten Cianjur, turut berkontribusi dalam mewujudkan generasi cemerlang yang paham agama dan cerdas dalam urusan dunia.

Maka dari itu perlu diadakan sebuah wadah yang bisa menjaring, memantau, dan mendidik para santri demi tercapainya generasi yang dimaksud tadi. Dengan kesadaran yang dimiliki tadi, maka Pimpinan Daerah HIMA dan HIMI Persis kab. Cianjur menyusun agenda yang bertajuk SILATDA atau singkatan dari Silaturahmi Daerah Santri Persatuan Islam.

Bentuk partisipasi santri dalam pengembangan keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai hal. Lebih spesifik, keterlibatan santri dalam pemeliharaan bumi, sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT, bahwa manusia diciptakan sebagai pengurus bumi titipan Allah ini.

Begitu pula dengan santri Pesantren Persatuan Islam di Kabupaten Cianjur, dengan keberadaannya diharapkan mampu mewarnai bahkan sebagai supervisor dalam hal ilmu keagamaan dan sosial serta pengabdian terhadap lingkungan.

SILATDA merupakan sebuah transformasi struktural kegiatan dari SILATNAS (Jambore Nasional sekarang), dan SILATDA ini hanya dalam ranah daerah saja (kabupaten Cianjur). Kegiatan ini merupakan program kerja unggulan departemen kaderisasi yang difokuskan pada meet and greet para pelajar Persis yang ada di daerah Cianjur. Namun sebagai gebrakan, kegiatan SILATDA di Cianjur ini turut mengundang santri Persis dari Sukabumi, Bogor, dan Bandung Barat.

Hingga tulisan ini dibuat (31 Juli 2016), kegiatan SILATDA ini telah diadakan sebanyak dua kali.
a.         Pertama dan perdana pada 10-11 Februari 2011 yang bertempat di wisma Sarongge, kec. Cugenang, Cianjur.
b.         Dilanjutkan pada tahun 2014, tepatnya 19-20 November 2014 yang sama bertempat di wisma Sarongge.
c.         Dan tahun 2016 ini, SILATDA ke-tiga akan digelar pada tanggal 26-28 Agustus 2016, di PPI Sukaresmi, kp. Salagombong, kec. Sukaresmi.

Konsep kegiatan yang disuguhkan beragam. Dimulai dari perlombaan antar santri, kegiatan ta’aruf antar pesantren, seminar pendidikan, dan lainnya. Untuk perlombaan ini dikategorikan menjadi tiga; Keilmuan, Kesenian, dan Kebugaran. Para santri dituntut untuk selalu kreatif dan memiliki ghiroh untuk membawa nama baik madrasahnya. Namun kami selalu menekankan, bahwa juara bukanlah hal utama. Ada hal yang lebih besar dari itu, yakni esensi dari silaturahmi itu sendiri.

Hal yang paling penting dalam kegiatan ini – tentu saja – silaturahmi antar santri dari berbagai pesantren yang ada di Cianjur khususnya. Kegiatan dwi-tahunan ini memberikan kesempatan pada santri dan asatidz untuk saling kenal (ta’aruf) agar terciptanya harmonisasi kepersisan yang erat. Santri selalu diberikan waktu dan peluang untuk saling bercengkrama dengan saudaranya diluar madrasah – tempat ia mengenyam pendidikan.

Ketiga, beragam seminar dan materi kependidikan pun turut disuguhkan dalam kegiatan ini. Diharapkan santri bisa menambah wawasan keilmuan umum yang tidak ditemukan dalam proses belajar sehari-hari. Ketiga konsep dari SILATDA ini selalu mengiringi mainframe setiap dilaksanakannya kegiatan ini setiap tahunnya.

Semoga apa yang dicita-citakan tersebut bisa terwujud dengan baik, dan bisa didukung oleh berbagai pihak terutama para santri dan asatidz. Merupakan point penting dan catatan yang kuat, mengingat tanggung jawab ukhrowi dan organisasi dalam kegiatan ini. Semoga dengan berlangsungnya kegiatan ini, membawa banyak dampak positif bagi keberlangsungan HIMA-HIMI Persis secara khusus, dan Islam secara umumnya. Selalu menjadi manusia baik dimata Allah, adalah motivasi kami.
-----

Galeri kegiatan Silatda setiap tahunnya bisa dicek disini:


0 komentar:

Post a Comment

 

Program Kami

Silatda

Artikel Islami

Islam Berbicara

Follow by Email

Mengenai Hima Persis Cianjur

Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA PERSIS) merupakan organisasi kemahasiswaan dibawah naungan Persatuan Islam. Hima Persis memiliki motto pergerakan "Wamaa Yadzdzakkaru Illa Ulul Albab" yang bermakna bahwa setiap esensi dan makna kehidupan ini hanya berlaku untuk orang yang berfikir dan bermuhasabah. Lanjutkan...
Copyright © Hima Persis Cianjur | Designed by Templateism.com | Managed by Nineteenboy